Jasa Marga Kebut Proyek Jalan Tol Kunciran-Serpong

23

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah mempercepat pembangunan jalan tol baik yang dikerjakannya sendiri atau anak usahanya. Salah satu yang tengah dikebut pembangunannya adalah jalan tol Kunciran-Serpong.

Direktur Utama PT Jasa Marga Kunciran Cengkareng (PTJKC) Albert MP Silaen, selaku pengelola Jalan Tol Kunciran-Cengkareng ini menyebutkan, capaian realisasi konstruksi hingga minggu awal di bulan November 2017 sebesar 4,02 persen.

Sedangkan dalam proses pembebasan lahan, PT JKC telah membebaskan 30,92 persen lahan untuk pembangunan.

Dia mengungkapkan sejumlah tantangan dalam pembangunan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng ini. Terutama datang dari sisi pembebasan lahan. Namun upaya-upaya telah dijalankan untuk mempercepat proses pembebasan lahan.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama pada proses pembebasan lahan di lapangan agar proses konstruksi tidak mundur dari waktu yang telah ditargetkan," ujar dia, Minggu (5/11/2017).

Sementara itu, Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun menyatakan apresiasi atas upaya PT JKC untuk terus mengebut pembangunan jalan tol sepanjang 14,19 km ini.

"Kita berharap agar pembangunan konstruksi proyek ini dapat rampung sesuai target yang disampaikan oleh Direktur Utama PT JKC yaitu pada bulan Desember 2018, sehingga bisa mulai dioperasikan di awal tahun 2019," tambahnya.

Tidak hanya itu, Refly juga memaparkan progres pembangunan jalan tol lainnya, Kunciran-Serpong dengan panjang 11,4 km. Jalan tol ini nantinya akan sambung dengan tol Kunciran-Cengkareng.

Hanya saja dalam pengelolaannya, jalan tol Kunciran-Serpong akan dikelola PT Marga Trans Nusantara (MTN).

Refly optimis proyek yang telah mencapai 90 persen untuk pengadaan lahan, dan realisasi konstruksi sebesar 13 persen dapat selesai sesuai target.

"Jalan tol Kunciran-Serpong nantinya akan tersambung dengan proyek Tol milik PT Jasamarga Kunciran Cengkareng, kita harus bekerja sama, saling berkoordinasi agar target selesai di November 2018 dapat tercapai" jelas Refly.

Jalan Tol Serpong-Kunciran merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2 yang akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung.

Jaringan jalan tol ini berfungsi memecah lalu lintas yang saat ini menumpuk di dalam kota Jakarta, maupun di JORR. 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/3151722/jasa-marga-kebut-proyek-jalan-tol-kunciran-serpong